Pages

Copyright Pendidikan Geografi 2010 Universitas Pendidikan Indonesia. Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 26 Oktober 2012

SAMPAH, MUSIBAH ATAU ANUGERAH?!

Oleh Ninit Novitasari (1006209), Pendidikan Geografi UPI 2010 B

Tentang tugas Media Pembelajaran Geografi yang diberi tema "shooting", saya mengambil tema "sampah" yang diadopsi dari tema besar yaitu "biosfer". Mengapa pada akhirnya jatuh pada sampah? Karena sampah dekat dengan kita. Karena sampah sepele, saking sepenlenya hingga disepelekan. Akan tetapi, untuk dampaknya kita semua tahu, tidak sepele. Nampaknya tidak perlu saya terangkan panjang lebar, karena ada media yang mampu mewakilkan saya untuk menjelaskannya yaitu video ini dengan judul "Sampah, Musibah atau Anugerah?!"


itu tentang "shooting" beranjak pada tugas yang kedua, "foto". Foto-foto yang saya pasang di bawah ini masih berkaitan dengan tema video, berkaitan dengan sampah.
 
 
Sumber: Ninit Novitasari, 2012
Foto ini saya beri judul "Upaya Pelestarian Lingkungan". Mengapa? Dengan adanya tempat sampah yang memisahkan sampah organik dan anorganik, maka menjadikan kita lebih mudah dalam mengolahnya. Organik dapat langsung diolah menjadi pupuk atau pembuatan biopori. Sedangkan Anorganik dapat diolah menjadi prakarya atau dijual ke pengepul samapah. Foto diambil di Kampus UPI Bumi Siliwangi pada hari Rabu, 24 Oktober 2012.





Sumber: Ninit Novitasari, 2012

Dalam foto ini pesan yang ingin disampaikan masih sama, yaitu "Upaya Pelestarian Lingkungan". Lokasi pengambilan foto di Komplek Perumahan Pondok Hijau, Geger Kalong Girang pada bulan September 2012.
Tidak jauh dari papan ini adalah sungai, lahan kosong, jika menyeberang jalan, maka akan ditemui kawasan padat penduduk, dan terbilang kumuh. Dan kerap sungai dijadikan sebagai tempat pembuangan.  





Terakhir, foto diambil di Kampus UPI bumi Siliwangi tepatnya di depan SD Negeri Isola. Diambil pada hari Senin, 22 Oktober 2012. "Sekarung Sampah Tak Terpilah" sebagai judul dari foto ini. Ya, yang terlihat sampah tidak dipilah dan dibiarkan teronggok di pinggir jalan. Pertanyaannya, kapan karung sampah ini akan berpindah pada tempat yang semestinya? Entahlah...  
Sumber: Ninit Novitasari, 2012
Demikianlah, tugas yang saya buat. Memenuhi amanah sebagai seorang mahasiswa, tak sepele membuang sampah disembarang ruang. Dari tugas ini, membuka cakrawala, membuka mata, tergeraknya hati, sadar akan niat, sadar akan waktu, sadar akan usaha, sadar akan kemauan, sadar akan belajar. Hamdallah... :)))))) 
Semoga bermanfaat (:

0 komentar:

Poskan Komentar