Pages

Copyright Pendidikan Geografi 2010 Universitas Pendidikan Indonesia. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 29 Oktober 2012

Pergerakan Awan dan Angin

Oleh  Aldi Faturakhman (1001771), Pendidikan Geografi UPI 2010 B

Angin Musim (muson) Barat, terjadi antara bulan Oktober - April bersifat basah sehingga membawa musim hujan/penghujan. Bertiupnya angin ini disebabkan oleh adanya perbedaan tekanan udara di belahan bumi utara dan selatan. Pada saat itu utara musim dingin sehingga menyebabkan tekanan di utara lebih tinggi dari pada selatan, maka angin bertiup dari utara (Asia dan Samudera Pasifik) menuju Australia melewati Indonesia.



Saya akan menjelaskan dengan gambar dan uraia sebagai berikut :

Gambar : "pergerakan awan menit pertama"
Tanggal  :  13 Oktober 2012
lokasi : lantai 4 kostan 22 b pak gatot raya
Deskripsi :
pergerakan awan pada menit awal masih belum diketahui menuju arah mana, karena pergerakan awan pada real time sangatlah lambat dan tidak bisa di prediksi dengan waktu yang sangat singkat. hal ini disebabkan karena awan tersebut sangat jauh.

Gambar : "pergerakan awan menit 10"
Tanggal  :  13 Oktober 2012
lokasi : lantai 4 kostan 22 b pak gatot raya
Deskripsi :
pergerakan awan pada menit ke 10 ini sudah menunjukan gambaran pergerakan awan yang cukup signifikan. pergerakan awan ini seprti dilihat pada gambar di atas menunjukan bergeraknya awan dari arah kiri ke kanan atau barat ke timur (arah mata angin di lapangan). akan tetapi tidak terlalu berbeda jauh dengan menit pertama karena pergerakan awan tersebut sangat lambat.

Gambar : "pergerakan awan menit 20"
Tanggal  :  13 Oktober 2012
lokasi : lantai 4 kostan 22 b pak gatot raya
Deskripsi :
pergerakan awan pada gambar ke tiga ini yaitu di menit 20 jika di bandingkan dengan pergerakan awan pada menit pertama dan pergerakan awan pada menit ke 10 sudah sangat terlihat bahwasanya awan bergerak dari barat ke timur, hal ini di sebabkan oleh adanya angin muson barat yang terjadi di wilayah indonesia. adapun di buktikanya angin muson barat ini dengan adanya perubahan musim (pancaroba) dari musim kemarau ke musim hujan, dan telah di rasakan oleh kita bahwasanya pada bulan ini sudah terjadi hujan. jadi kita bisa menyimpulkan dengan pergerakan awan tersebut telah membuktikan adanya angin muson barat yang terjadi di indonesia.

==================== TERIMA KASIH ====================

0 komentar:

Poskan Komentar