Pages

Copyright Pendidikan Geografi 2010 Universitas Pendidikan Indonesia. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 05 November 2012

Pencemaran Sungai Cikapundung

 Oleh Fikriya Sholihatin, Pendidikan Geografi 2010 B


      Air merupakan sumber kehidupan. Air yang bersih adalah salah satu jenis sumberdaya berbasis air yang bermutu baik dan biasa dimanfaatkan oleh manusia untuk dikonsumsi atau dalam melakukan aktivitas mereka sehari-hari Terdapat berbagai macam sumber air diantaranya adalah Sungai, Danau, Waduk dan lain-lain.
Air terjun maribaya (20 ‎Oktober ‎2012, ‏‎12:13:04 PM) 
       Salahsatu sumber air yang paling banyak ditemui adalah sungai. Sungai merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Air dalam sungai umumnya terkumpul dari presipitasi, seperti hujan,embun, mata air, limpasan bawah tanah. Kemanfaatan terbesar sebuah sungai adalah untuk irigasi pertanian, bahan baku air minum, sebagai saluran pembuangan air hujan, bahkan sebenarnya potensial untuk dijadikan objek wisata sungai. dan masih banyak yang lainnya.
       Namun saat ini telah banyak sungai yang airnya tercemar, salah satunya adalah sungai Cikapundung.
Hulu Sungai Cikapundung di Bukit Tunggul (06 ‎Oktober ‎2012, ‏‎12:38:26 PM)
Hilir Sungai Cikapundung di jalan Tamansari (‎22 ‎Oktober ‎2012, ‏‎9:52:04 AM)
       Di salah satu hulu sungai cikapundung yang berada di Bukit Tunggul airnya masih jernih karena belum ada faktor-faktor pencemar, namun semakin kehilir airnya semakin keruh karena banyak pencemaran yang terjadi di berbagai titik di sungai Cikapundung tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video di bawah ini.

0 komentar:

Poskan Komentar