Pages

Copyright Pendidikan Geografi 2010 Universitas Pendidikan Indonesia. Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 08 November 2012

Gua Pawon

Oleh Reni Nurjanah (1006178), Pendidikan Geografi UPI 2010 A




Video ini menampilkan bentukan ornamen-ornamen yang ada di dalam gua pawon. selain ornamen, juga menampilkan replika fosil manusia prasejarah .
Gua pawon berada di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat,. Cipatat sendiri merupakan daerah kawasan penambangan kapur. khawatir suatu saat gua bersejarah ini pun dapat terancam tergerus pertambangan.



Judul : Tebing Pasir Pawon
Lokasi : Gua Pawon
Waktu Pemotretan: 14 Oktober 2012

Merupakan foto yang diambil di bawah mulut gua pawon, foto ini merupakan tebing Pasir pawon . Warnanya yang putih menunjukan bahwa batuan pembentuknya adalah kapur. Tingginya hampir 700mdpl, padahal dahulunya merupakan laut rendah, tempat berkembangnya terumbu karang dan makluk-makhluk laut sebelum akhirnya kepulauan kapur itu terangkat kepermukaan laut karena pergerakan lempeng bumi akhirnya menjadi pegunungan kapur Rajamandala seperti sekarang.  




Judul : Stalaktit
Lokasi : Gua Pawon
Waktu Pemotretan : 14 oktober 2012

Merupakan foto yang memperlihatkan ada dua mulut gua, hal ini menunjukan begitu banyaknya kamar-kamar didalamnya. Hal ini meyakinkan para peneliti bahwa gua ini dihuni oleh manusia prasejarah mulai dari untuk tempat tinggal, memasak bahkan sebagai pemakaman.  tepat diatas mulut gua tersebut tergantung dengan kokoh stalaktit.





Judul : Tiangan Atau Pilar 
Lokasi : Gua Pawon
Waktu Pemotretan : 14 oktober 2012

Merupakan gambar yang berupa tiangan atau pilar, hal ini terjadi saat stalagmit dan stalaktit menyatu, bisa dibayangkan berapa waktu yang diperlukan untuk menjadi sebuah tiangan,karena menurut penelitian pembentukan stalaktit dan stalagmit begitu lambat. Pertambahan panjang stalaktit hanya 0,2mm per tahun. Tergantung dengan laju pengendapannya.

0 komentar:

Posting Komentar