Pages

Copyright Pendidikan Geografi 2010 Universitas Pendidikan Indonesia. Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 01 November 2012

Lingkungan Pedesaan

Oleh Anggi Nurdiansyah (1001911), Pendidikan Geografi UPI 2010 B




Foto ini menggambarkan perilaku masyarakat pedesaan yang tradisional, diambil di wilayah Desa Sukamaju, Kec. Baregbeg, Kab. Ciamis, diambil pada tanggal 25 Oktober 2012. Kehidupan sosial di pedesaan, bisa dilihat dari gambar diatas warga yang sedang mencuci di kolam/empang menggambarkan bahwa perilaku warga pedesaan yang masih tradisional. Zaman semakin berkembang dan teknologi semakin banyak bermunculan untuk mempermudah aktivitas manusia, akan tetapi masyarakat pedesaan jarang terpengaruh oleh perkembangan teknologi, mereka lebih memilih memanfaatkan sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, disamping menghemat biaya.



Foto ini menggambarkan aktivitas pertanian, diambil di wilayah Desa Sukamaju, Kec. Baregbeg, Kab. Ciamis, diambil pada tanggal 25 Oktober 2012. Di pedesaan bisa dilihat dari gambar diatas, daerah pedesaan selalu terdapat lahan pertanian yang salah satu contohnya adalah lahan pesawahan. Bahwa aktivitas pertanian masih dilakukan di wilayah pedesaan. teknik pengelolaannya pun masih tergolong tradisional/manual dilakukan oleh manusia bukan mesin. Berbeda dengan wilayah perkotaan yang hampir sebagian besar wilayahnya tidak terdapat lahan pertanian, dan juga sering ditemukan berbagai macam kemajuan teknologi di setiap pembangunannya.



Foto ini menggambarkan kondisi lahan di pedesaan, diambil di wilayah Desa Sukamaju, Kec. Baregbeg, Kab. Ciamis, diambil pada tanggal 25 Oktober 2012. Bisa dilihat dari gambar diatas bahwa daerah pedesaan masih bernuansa alam. Lahan-lahan yang berada di pedesaan dimanfaatkan sebaik mungkin dan juga sebagian lahan dijadikan sebagai lahan pertanian dan perkebunan. Dimana tidak sembarang lahan di pedesaan dijadikan lahan pertanian, karena untuk menjadi lahan pertanian pun harus memperhatikan berbagai aspek dan faktor demi keberhasilan pertaniannya itu, seperti halnya kondisi lahanb mulai dari tanah, mencocokan dengan iklim, irigasi, dsb.

Berkut adalah video mengenai "Lingkungan Pedesaan"

0 komentar:

Poskan Komentar